Naratif: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam beserta Contoh Naratif

Naratif: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam beserta Contoh Naratif - Teman-teman pasti kamu sering membaca berbagai jenis teks atau wacana. Dari berbagai jenis wacana tersebut pasti ada yang berjenis narasi, deskripsi, dan persuasi. Semua jenis wacana tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian paragraf naratif, ciri-ciri paragraf naratif, contoh paragraf naratif, macam-macam paragraf naratif dan contohnya. Yuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Paragraf Naratif

Secara sederhana, paragraf dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat yang disusun untuk menjelaskan sebuah ide pokok. Ada banyak cara merangkai kalimat-kalimat agar menjadi paragraf yang mudah difahami.

Cara merangkai kalimat disebut dengan pola pengembangan paragraf atau sering pula disebut teknik pengembangan paragraf.

teman pasti kamu sering membaca berbagai jenis teks atau wacana Naratif: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam beserta Contoh Naratif
Naratif
Ada beberapa pola pengembangan paragraf, antara lain pola deduktif, induktif, sebab akibat, deskriptif, proses, contoh, pertentangan, perbandingan, dan kronologis.
Pengertian paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kajadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu.
Biasanya dalam kejadian atau dalam peristiwa tersebut, tokohnya mengalami kejadian penting. Sesuatu yang dialami tokoh atau konflik antar tokoh akan menjadi bagian yang menarik dalam sebuah naratif.

Pada paragraf naratif, kalimat satu dan kalimat yang lain memiliki hubungan yang berurutan. Dalam paragraf naratif, setiap peristiwa - yang dituangkan dalam bentuk kalimat - bersifat kronologis. Untuk menghubungkan kalimat-kalimat pada paragraf itu, digunakan penghubung (konjungsi).

Ciri-ciri Paragraf Naratif

  • Ada tokoh, tempat, waktu, dan suasana yang diceritakan
  • Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa
  • Tidak hanya terdapat dalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) tetapi juga terdapat dalam tulisan nonfiksi (biografi, cerita nyata dalam surat kabar, sejarah, riwayat perjalanan).

Contoh Paragraf Naratif

Dialah Cesi Nurbandini. Umur tujuh tahun. Ibunya pengarit rumput, ayahnya kuli bangunan. Mereka tinggal di Dawuran, sebuah desa subur di Plered, Bantul, nun diselatan Yogyakarta. Mrski upah sang ayah kecil, istri dan anaknya bahagia. Cesi punya boneka panda besar.

Sabtu pagi, 27 Mei, si kecil menemani ibu menyapu halaman. Ayahnya masih tidur, lelah setelah sehari sebelumnya bekerja sampai sore. Tiba-tiba tanah bergoyang. Tanah di halaman rumah mereka terbelah, pohon-pohon di samping rumah jumpalitan. Secepat kilat ibunya menyambar tubuh Cesi, lalu berlari ke jalan raya. Kencang. Sang ibu tiba-tiba berhenti. Cesi hampir terlempar. Perempuan itu histeris berteriak-teriak sejadi-jadinya memanggil suaminya. tak ada sahutan. 

Dari kejauhan terlihat rumah mereka telah roboh. Rata tanah. Debu menukik ke langit, tetapi ayah Cesi kemana? Perempuan itu takut kembali kerumah sebab tanah terus bergerak. Sembari menggendong Cesi, dia terengah-engah kerumah Mbah Putri (nenek) yang tak berapa jauh dari rumah mereka. Ya ampun, rumah si Mbah juga sudah rata dengan tanah. (Tempo, 11 Januari 2006)

Macam-macam Paragraf Naratif

Secara umum, Paragraf naratif dibedakan menjadi dua kategori sebagai berikut.

Paragraf Naratif Urutan Waktu

Paragraf naratif urutan waktu meninjolkan sisi urutan waktu terjadinya peristiwa. Hal ini sering disebut dengan istilah kronologi. Kata-kata yang menunjukan penanda waktu, antara lain itu, mulai besok, dua minggu yang lalu, beberapa hari yang lalu, pukul 09.00 WIB, kemarin, dan nanti.

Paragraf naratif dapat berupa fakta dan fiktif. Naratif fakta berupa biografi atau autobiografi suatu tokoh. Naratif fiktif berupa karya sastra yang membentuk prosa, seperti cerpen, novel, bdan drama.

Contoh Paragraf Naratif Urutan Waktu

Pagi ini suasana tampak lain dari hari-hari sebelumnya. Semua sisiwa tampak antusias dan bersemangat karena pukul 08.00 nanti akan diadakan karnaval kebudayaan yang melibatkan semua siswa kelas X hingga kelas XII tanpa kecuali. Semua bentuk perlengkapan kostum dan properti telah disiapkan beberapa hari sebelum karnaval kebudayaan ini dilaksanakan.

Paragraf Naratif Urutan Tempat Kejadian

Paragraf naratif urutan tempat menonjolkan tempat atau lokasi terjadinya peristiwa.

Contoh Paragraf Naratif Urutan Tempat

Di teras gedung pengadilan megah itu berkerumun puluhan orang. Bahkan, mungkin ratusan. Kabarnya mereka akan menjadi suporter salah satu temannya yang akan diadili dalam kasus korupsi. Sesaat diruang sidang, hakim membuka persidangan. Gerombolan orang tadi sebagian telah memenuhi kursi dalam ruang yang sama. Gaduh sekali suasananya. Hakim berusaha menenangkan suasana. Sidang diskor. Jaksa, hakim, dan pengacara meninggalkan tempat menuju ruang khusus di lantai dua. Di sana, saksi dan terdakwa duduk gelisah.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian paragraf naratif, ciri-ciri paragraf naratif, contoh paragraf naratif, macam-macam paragraf naratif dan contohnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Kalimat Fakta dan Opini
LihatTutupKomentar