Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, Contoh, dan Langkah-langkah Menulis Paragraf eksposisi

Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, Contoh, dan Langkah-langkah Menulis Paragraf eksposisi - Pada pertemuan yang lalu kita telah membahas paragraf eksposisi, namun pembahasannya belum lengkap karena keterbatasan waktu penulis yang singkat, nah pada kesempatan ini merupakan pelengkap dari pembahasan paragraf eksposisi yang meliputi pengertian paragraf eksposisi, jenis-jenis paragraf eksposisi, contoh paragraf eksposisi, dan langkah-langkah menulis paragraf eksposisi.

Pengertian Paragraf Eksposisi

Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. Contoh tulisan eksposisi adalah berita di koran dan petunjuk penggunaan.
 Pada pertemuan yang lalu kita telah membahas paragraf eksposisi Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, Contoh, dan Langkah-langkah Menulis Paragraf eksposisi

Eksposisi merupakan sebuah paparan atau penjelasan. Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang yang sejelas-jelasnya.

Disinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau nonilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan imajinasi.

Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.

Jenis-jenis Paragraf Eksposisif

  1. Eksposisi berita, berisi pemberitahuan mengenai suatu kejadian. Jenis ini benyak ditemukan pada surat kabar.
  2. Eksposisi ilustrasi, pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan suatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat.
  3. Eksposisi proses, sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.
  4. Eksposisi perbandingan, dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.
  5. Eksposisi pertentangan, berisi pertentangan antara suatu dengan suatu yang lain. frase penghubung yang biasa digunakan adalah "akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya".
  6. Eksposisi definisi, batasan pengertian sesuatu dengan memfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
  7. Eksposisi analisis, proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.
  8. Eksposisi klasifikasi, membagi sesuatu dan mengelompokkan kedalam kategori-kategori.
  9. Eksposisi laporan, sebuah teks berbentuk cerita yang menggambarkan kondisi yang ada di wilayah itu dan meneliti hingga hasilnya dilaporkan seperti layaknya dalam berita dan teks media massa.

Contoh Paragraf Ekspositif

Eksposisi berita

"Senada dengan purnomo" Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Tb. Hasanuddin menilai kudeta tidak mungkin terjadi diindonesia. Sebab, pemerintah Yudhiyono Boediono masih mendapat dukungan dari masyarakat.

"Masyarakatkan sekarang sudah melek hukum. Yudhoyono juga didukung enam puluh pasien, jadi tidaklah rasanya." (pikiran Rakyat, 2011:1)

Eksposisi ilustrasi

"Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi yang terkandung dalam bahan-bahan bakarnya-yakni makanan yang ditelan -menjadi energi panas dan energi mekanis.

Nasi yang anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam silinder mesin mobil. Sebagian dari energi kimiawi yang disediakan oleh nasi diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat.

Sebagian lagi berubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan otot0otot dapat memompa darah dalam tubuh atau menggerakkan dada pada waktu bernafas."

Eksposisi proses

"Energen, nutrisi empat sehat lima sempurna dapat disajikan dengan mudah. Tuangkan energen kedalam gelas. Tambahkan 150 ml air hangat dan aduk hingga merata. Energen hangat siap dihidangkan."


Eksposisi perbandingan

"Tinju bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya. Yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki. Peminatnya banyak, penggemarnya sedikit. Tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki."


Eksposisi pertentangan

"Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tek pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang kemana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa."

Eksposisi definisi

"Metonimi merupakan gaya jenis kias yang menggunakan kata-kata untuk pengertian yang lebih luas atau yang lebih sempit dari artinya yang lazim. Kata-kata dengan makna luas atau menyempit digunakan untuk menamai hal-hal atau sesuatu yang dimaksudkan."

Eksposisi analisis

"Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyin Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia.

Seorang detektif memperkirakan, Merilyin pernah berhubungan dengan J,F.Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut. ..."

Eksposisi klasifikasi

"Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, bergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan penelitian karya sastra dengan wawasan moral dan agama.

Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang.

Pendekatan impresionistik, yang menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan efek personil karya sastra pada kritikusnya."

Eksposisi laporan

"Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk aceh atau dikenal dengan rumah ITS untuk aceh (RI-A). Pusat penelitian dan Pengembangan Permukiman.

Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan "Risha" alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang bahkan motonya "Pagi Pesan, Sore Huni". Bedanya sisitem struktur dan kontruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung.

Harga Risha sedikit lebih mahal. Rp. 20 juta untuk tipe 36. Akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat plat baja dibagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam."

Langkah-langkah Menulis Paragraf Eksposisi

  1. Menentukan tema,
  2. Menentukan tujuan karangan,
  3. Memilih data yang sesuai dengan tema, dan
  4. Membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka menjadi karangan.
Dengan mempelajari paragraf eksposisi, kita dapat mengetahui tentang pemaparan atau penjelasan pada suatu kalimat agar cepat mudah dipahami.

Demikianlah pembahasan pelengkap mengenai paragraf eksposisi, jika ada kekurangan anda dapat melihat di artikel sebelumnya, karena satu sama lain saling berkaitan, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa tulis komentar yang positif di kolom komentar. Terima Kasih

Baca Juga : Perbedaan, Ciri-ciri, dan Contoh Karya Sastra pada Setiap Angkatan
LihatTutupKomentar