Pengertian serta Contoh Menggunakan Ungkapan dan Peribahasa

Berikut ini adalah Artikel yang menjelaskan tentang Ungkapan, Pengertian Ungkapan, Contoh ungkapan, Pribahasa, Pengertian Pribahasa, Contoh Pribahasa, peribahasa beserta artinya, kata ungkapan, arti peribahasa, arti ungkapan, contoh kalimat ungkapan, makna ungkapan, contoh contoh peribahasa, kalimat ungkapan, contoh kata ungkapan.

Menggunakan Ungkapan dan Peribahasa


1.    Ungkapan

Ungkapan merupakan kelompok kata khusus untuk menyatakan suatu maksud dalam arti kiasan. Ungkapan dibentuk dari kata-kata yang polanya telah terbentuk secara tetap. Kata-kata itu tidak dapat diubah susunannya dan tidak dapat pula disisipi oleh kata lainnya.

Pemakaian ungkapan dalam suatu kalimat dapat menjadikan kalimat tersebut lebih hidup, sehingga pembacanya pun memperoleh nuansa imajinatif.
Ungkapan adalah kelompok kata atau gabungan kata yang menyatakan makna khusus (makna unsur-unsurnya seringkali menjadi kabur).
Ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan unsur-unsur kata pembentuknya.

Contoh Ungkapan

  1. Serasa melambung jauh hatinya setelah Amin meraih peringkat pertama.
        melambung jauh hatinya = sangat senang.
  2. Mukanya merah padam ketika terlambat mengikuti upacara.
        mukanya merah padam = mukanya berubah menjadi kemerahan karena marah.
    Menulis Iklan Baris, pengertian iklan, Jenis Iklan, Singkatan dalam Iklan Baris, Menyuting Bahasa Iklan Baris, iklan baris gratis, contoh iklan baris di koran
    LihatTutupKomentar