Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Novel Serta Menerangkan Sifat-sifat Tokoh dari Kutipan Novel

Berikut ini adalah Artikel yang menjelaskan tentanng Novel, pengertian novel, contoh novel, ciri-ciri novel, macam-macam novel, jenis-jenis novel, syarat novel.

Sama seperti karya sastra lainnya, novel mempunyai ciri yang berbeda sesuai dengan zaman penulisannya, yaitu zaman sebelum tahun 20-an, tahun 20-an, tahun 30-an, '45, '66, dan seterusnya. Karakter atau sifatsifat tokoh yang ditampilkan dalam cerita pun berbeda-beda.

Menerangkan Sifat-sifat Tokoh dari Kutipan Novel

Isi atau ceritanya pasti juga berbeda karena disesuaikan dengan budaya pada saat novel itu ditulis. Oleh karena itu, berikut ini kalian akan dilatih untuk memahami dan akhirnya dapat mengidentifikasi sifat tokoh dari sebuah novel.

Klasifikasi tokoh berdasarkan peranan tokoh dalam cerita, terdapat tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama terbagi atas dua macam, yakni tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis yaitu tokoh utama yang mendukung jalannya cerita (biasanya berwatak baik).

Ada pun tokoh antagonis yaitu tokoh yang mempunyai konflik dengan tokoh protagonis (biasanya berwatak jahat). Daya tarik suatu novel biasanya terletak pada kekuatan konflik antara kedua tokoh tersebut.

Menerapkan Prinsip-prinsip Diskusi
Artikel lainnya :  Membaca Ekstensif untuk Menemukan Gagasan dari Beberapa Artikel
LihatTutupKomentar