Cara Membaca Puisi yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan tentang Cara Membaca Puisi yang Baik dan Benar, cara membaca puisi, membaca puisi, teknik membaca puisi, cara membaca puisi dengan baik, cara baca puisi, pembacaan puisi, cara membuat puisi, contoh majas.

Bagaimana cara membaca puisi? Mungkin itu adalah pertanyaan yang mungkin ada di dalam benak anda. Sebelumnya Situs Puisi sudah memberikan arti pengertian puisi bahwa Puisi adalah salah satu seni tepatnya seni sastra. Dan kesenian itu relative, yang artinya seni itu ada jelek ada juga yang indah tergantung bagaimana orang menilainya.

Membaca Puisi

1.    Tema puisi

Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terkait oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
Tema adalah gagasan pokok yang dikemukakan oleh sang penyair yang terdapat dalam puisinya.

2.    Larik Bermajas pada Puisi

Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terkait oleh irama, matra, rima serta penyusunan larik dan bait (Sudjiman,1984).

Larik puisi bermajas dimaksudkan larik-larik puisi tersebut menggunakan kalimat bermajas. Merupakan cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (Keraf,2007:113).

Larik-larik puisi yang bermajas dalam soal ujian nasional yang sering keluar adalah puisi yang menggunakan majas hiperbola, personifikasi, metafora,dam asosiasi/perumpamaan.

Majas hiperbola adalah penggunaan kalimat yang berlebihan..
Majas personifikasi adalah penggunaan majas yang menganggap benda mati sebagai manusia.
Majas metafora adalah penggunaan majas yang membandingkan dua benda, benda yang diperbandingkan tidak lagi disebut-sebut.
Majas perumpamaan adalah majas yang menggunakan perbandingan dua benda.
LihatTutupKomentar