Pengertian, Contoh Grafik dan Cara Mengubah Sajian Grafik Menjadi Uraian

Berikut ini adalah Artikel yang menjelaskan tentang Mengubah Sajian Grafik Menjadi Uraian, pengertian grafik, uraian grafik, macam-macam grafik, ciri-ciri grafik, jenis-jenis grafik,  contoh grafik, gambar grafik, cara membuat grafik, tabel grafik, Bagan.

Pada Materi  ini kalian akan dilatih untuk memahami dan menuliskan informasi dari grafik secara tepat. Jika kalian dapat membaca dan memahami isi grafik dalam sebuah bacaan, kalian dapat memperoleh informasi secara lengkap.

Mengubah Sajian Grafik Menjadi Uraian

Pernahkah kalian menjumpai sebuah bacaan yang berisi data statistik? Informasi yang bersifat data statistik dari koran atau bacaan lain terkadang sukar ditafsirkan, sehingga perlu penyajian sederhana dalam bentuk diagram atau grafik.

Pengertian Grafik

 Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar. Grafik menggambarkan tentang naik turunnya hasil, statistik,dan lain-lain. 

Tabel merupakan daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi yang biasanya berupa bilangan atau kata-kata yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dengan mudah disimak.

Bagan adalah gambar rancangan, gambar denah, atau skema. Bagan juga dapat berarti alat peragar grafik untuk menyajikan data untuk mempermudah penafsiran.

Berdasarkan pengertian di atas, grafik, tabel, atau bagan yang menyertai teks bacaan berfungsi memperjelas isi wacana. Paparan yang rumit dan pelik akan lebih mudah dipahami bila disertai dengan tabel, grafik ataubagan/diagram.

Teks bacaan yang rumit dan disertai dengan tabel, grafik atau bagan/diagram, membantu pembaca untuk lebih memfokuskan pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan.

Pada umumnya pembaca akan mencari bagian-bagian yang diperlukan saja pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan. Itulah pentingnya mengapa kompetensi dasar ini harus kamu kuasai.

Berikut ini kalian akan dilatih untuk membaca dan memahami grafik dan akhirnya kalian dapat menuliskan informasi dari grafik tersebut dalam wujud kalimat-kalimat.

Berikut ini ciri-ciri grafik atau diagram informasi dalam sebuah berita secara umum.

  1. Ada judul (topik utama) yang ingin diinformasikan.
  2. Ada rentangan angka (misal: untuk menunjukkan besar produksi).
  3. Ada rentangan waktu (misal: bulan, tahun).
  4. Ada keterangan (misal: nama produksi).
  5. Ada sumber pemerolehan grafik atau data.

Contoh Bacaan dan Grafik

Perhatikan bacaan yang disertai grafik berikut!


Perlindungan Harga bagi Petani Produsen

Produksi pertanian tanaman pangan di Jawa Tengah diperkirakan terus meningkat pada tahun ini. Agar angka perkiraan tidak merosot jauh dengan realisasi, diperlukan pengawalan ketat.

Pengawalan yang dimaksud bisa berupa suplai pupuk yang cukup pada masa tanam dan informasi cuaca yang tepat dan sesuai dengan jenis tanaman.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan stimulan bagi daerah yang terkena bencana seperti kekeringan, banjir, dan bencana alam lainnya.

Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah kebijakan harga yang menguntungkan para petani. Selama ini yang paling menikmati harga kenaikan beras hanya para pengepul atau produsen besar, sementara petani menikmati sebagian kecilnya saja.

LihatTutupKomentar