Penjelasan Lengkap mengenai Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Penjelasan Lengkap mengenai Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik - Berikut ini merupakan pembahasan tentang Penjelasan mengenai Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik dan gambarnya, selamat belajar dan jangan lupa baca artikel lainnya juga ya.


Sel Prokariotik 

Apa yang dimaksud dengan Sel Prokariotik adalah sel tanpa membran initi. Sel prokariotik mempunyai ukuran 1-10μm.
Sel ini memiliki materi genetik berupa DNA yang tidak terbungkus membran inti. DNA pada sel prokariotik ini berbentuk sirkuler atau juga disebut nukleoid.



Diluar nukleoid terdapat juga DNA sirkuler lain dengan ukuran yang lebih kecil , itu disebut dengan plasmid. Sebagian besar sel prokariotik memiliki dinding sel.

Aktivitas sel terjadi pada membran plasma dan didalam sitoplasma. Contoh dari sel prokariotik adalah : Cyanobacteria dan sel bakteri.

Sel Eukariotik 

Selanjutnya adalah penjelasan mengenai Sel Eukariotik. Apa sih yang dimaksud dengan Sel Eukariotik ? Jadi Sel Eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti, sehingga terjadi pemisahan antara inti sel dan sitoplasma.

Kesatuan inti sel dan sitoplasma pada sel eukariotik disebut : protoplasma. Sel Eukariotik byrukuran 10 - 100 Mikro meter.

Materi genetik (DNA) berada di dalam inti sel yang dibungkus oleh membran inti. Sel eukariotik memiliki sejumlah organel yang masing masing meemiliki fungsi spesifik. Contoh dari sel eukariotik adalah Sel hewan dan sel tumbuhan.



Sekian penjelasan singkat mengenai sel prokariotik dan eukariotik, trimakasih telah membaca artikel ini dengan judul "Penjelasan mengenai Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik" Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar