Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran - Berikut ini adalah lanjutan dari Artikel Pengertian Gagasan Utama Paragraf dan Jenis-jenis Paragraf serta Contohnya yang menjelaskan tentang Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran.

Contoh paragraf deduktif.

Contoh 1

Ali merupakan seorang artis yang multi talenta. Selain menjadi aktor dalam film, Ali juga sering mondar-mandir di sinetron salah satu stasiun swasta. Bakat keartisannya kini mulai merambah dunia tarik suara. Selain menyanyi solo, Ali juga berbakat dalam menyanyi duet dan menjadi vokalis band. Kini Ali mulai mencoba dunia model.

Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh 2

Korupsi masih menjalari tubuh DPR RI. Tidak ada tanda-tanda kasus korupsi akan selsesai di DPR. Semakin hari justru tersangka korupsi semakin bertambah, dan lagi-lagi anggota DPR. KPK terus mengusut kasus korupsi yang dilakukan para pejabat tinggi tersebut. Rakyat hanya berharap kasus korupsi segera terselesaikan dan DPR bisa segera bersih dari segala tindak korupsi.

Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh Paragraf induktif

Contoh 1

Dari Kecamatan Cilongok menuju tempat wisata air terjun Cipendok kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Banyaknya pohon-pohon di hutan tropis tersebut sangat memanjakan mata ditambah dengan hawa sejuknya sangat menenangkan.

Sampai di area air terjun, kita dapat melihat curahan air terjun yang mengalir deras. Di bawahnya terdapat aliran sungai yang airnya sangat jernih, para pengunjung terlihat menikmati wisata alam tersebut.  Sungguh indah wisata air terjun Cipendok yang alamnya masih asli dan belum terjamah banyak tangan jahil.

Keterangan: Kalimat utama berada di akhir paragraf.

Contoh 2

Bintik kecil dan kemerahan di sekitar mata bisa dicurigai sebagai gejala bintitan. Seseorang yang terkena bintitan akan merasakn pegal di area mata dan juga terasa gatal. Setelah beberapa hari bintik tersebut kemudian membesar dan muncul nanah di dalamnya.

Semua gejala bintitan seperti di atas hendaknya segera dikonsultasikan ke dokter, meskipun bintit kita tidak boleh menyepelekan penyakit.

Keterangan: Kalimat utama berada di akhir paragraf.

Contoh Paragraf campuran 

Contoh 1

Bunga melati cukup diminati banyak orang. Selain bunganya cantik, bunga melati juga sangat harum. bahkan bunga berwarna putih ini dijadikan sebagai simbol kesucian.

Keharuman bunga ini sangat cocok untuk di tanam di dekat rumah dan cocok sebagai tanaman hias. Oleh karena itubunga ini menjadi salah satu bunga favorit bagi pecinta tanaman dan bunga.


LihatTutupKomentar