Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Kesiapan Indonesia Menghadapinya

Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Kesiapan Indonesia Menghadapinya - Berikut ini merupakan pembahasan tentang masyarakat ekonomi ASEAN atau yang sudah lazim disingkat dengan MEA. Apa itu MEA 2015? Apa hubungan MEA dengan pasar bebas? Apa kaitannya antara MEA dengan negara-negara ASEAN?

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang pengertian masyarakat ekonomi asean, masyarakat ekonomi asean 2015 (MEA 2015), pasar bebas, kesiapan indonesia menghadapi masyarakat ekonomi asean 2015, komunitas ekonomi asean 2015, pasar bebas asean 2015, perdagangan bebas asean 2015, dan integrasi ekonomi.

Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 (ASEAN Economic Community (AEC)) adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar sesama negara-negara ASEAN. (Wikipedia)

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa MEA merupakan sebuah sistem pasar bebas antara sesama negara anggota ASEAN yang menghilangkan pajak atau bea cukai serta kebebasan sebuah negara untuk memasukkan barangnya ke negara lainnnya.

MEA atau AEC merupakan salah satu bentuk kerjasama ASEAN di bidang Ekonomi. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sendiri telah dibuka pada Desember 2015 lalu dengan tujuan untuk memujudkan wawasan ASEAN pada tahun 2020.

 Berikut ini merupakan pembahasan tentang masyarakat ekonomi ASEAN atau yang sudah lazim d Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Kesiapan Indonesia Menghadapinya
MEA

Istilah lain dari Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah;

  • MEA yang merupakan singkatan dari Masyarat Ekonomi ASEAN itu sendiri
  • AEC yang merupakan singkatan dari istilah bahasa Inggris dari ASEAN Economic Community
  • Komunitas Ekonomi ASEAN yang merupakan terjemahan dari ASEAN Economic Community

Tujuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Secara umum MEA bertujuan untuk membentuk komunitas ekonomi tingkat regional antara sesama negara anggota ASEAN sebagai suatu integrasi ekonomi kawasan ASEAN yang stabil, makmur dan memiliki tingkat daya saing yang tinggi.

Selain itu juga untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan khususnya di wilayah ASEAN.

Kesiapan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Secara umum penerapan MEA pada tahun 2015 akan memberikan peluang yang sangat besar bagi Negara-negara pesertanya khususnya Indonesia.

Oleh karena itu, Indonesia juga selalu berusaha untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015, hal ini dapat dilihat dari pembangunan dan pengembangan  infrastruktur penting seperti Bandara dan pelabuhan, di berbagai tempat di seluruh wilayah Indonesia.

Namun Indonesia juga masih tertinggal dari segi pendidikan, dan tingkat daya serap teknologi masyarakat indonesia masih rendah sehingga membuat produk indonesia masih kalah saing dengan produk negara Hi-tech industri di ASEAN dari segi biaya dan kualitasnya.

Peran Pemerintah diupayakan mampu membangun kemandirian Bangsa Indonesia agar dapat kuat menghadapi pasar bebas. Budaya apresiasi produk dalam negeri akan mendorong berkembangnya merek-merek dalam negeri.

Dengan pembenahan segera di bidang Infrastruktur, Birokrasi, Pendidikan dan Teknologi , maka Indonesia diharapkan akan bisa bersaing di MEA 2015.

LihatTutupKomentar