Pengertian Paragraf Naratif, Macam-macam, beserta Contohnya

Pengertian Paragraf Naratif, Macam-macam, beserta Contohnya - Pada pembelajaran kali ini Anda akan mempelajari wacana berupa Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Naratif . Adapun pembahasannya meliputi Pengertian paragraf naratif, Macam-macam Paragraf Naratif, Contoh Paragraf Naratif.

Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Naratif

Anda tentu sering membaca berbagai jenis teks atau wacana. dari berbagai jenis wacana tersebut pasti ada yang berjenis narasi, deskripsi, dan persuasi. Semua jenis wacana tersebut memiliki karakteristik masing-masing.

Pengertian Paragraf Naratif

Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu. 

Macam-macam Paragraf Naratif 

Secara umum, paragraf naratif dibedakan menjadi dua kategori sebagai berikut.

1. Paragraf Naratif Urutan Waktu

Paragraf Naratif Urutan Waktu menonjolkan sisi urutan waktu terjadinya peristiwa. hal ini sering disebut dengan istilah kronologi. Kata-kata yang menunjukan penanda waktu, antara lain itu, mulai besok, dua minggu yang lalu, beberapa hari yang lalu, pukul 09.00 WIB, kemarin, dan nanti.

Paragraf naratif dapat berupa fakta dan fiktif. Naratif fakta berupa biografi atau autobiografi suatu tokoh. naratif fiktif berupa karya sastra yang membentuk prosa, seperti cerpen, novel, dan drama.

Berikut adalah contoh paragraf naratif urutan waktu

Pagi ini suasana tampak lain dari hari-hari sebelumnya. Semua siswa tampak antusias dan bersemangat karena pukul 08.00 nanti akan diadakan karnaval kebudayaan yang melibatkan semua siswa kelas X hingga kelas XII tanpa kecuali. Semua bentuk perlengkapan kostum dan properti telah disiapkan beberapa hari sebelum karnaval kebudayaan ini dilaksanakan.

2. Paragraf Naratif Urutan Kejadian

Paragraf naratif urutan tempat menonjolkan tempat atau lokasi terjadinya peristiwa.

Berikut Ini Contoh Paragraf Naratif Urutan Tempat

Diteras gedung pengadilan megah itu berkerumun puluhan orang. Bahkan, mungkin ratusan. Kabarnya mereka akan menjadi suporter salah satu temannya yang akan diadili dalam kasus korupsi. Sesaat diruang sidang, hakim membuka persidangan. Gerombolan orang tadi sebagian telah memenuhi kursi dalam ruang yang sama. gaduh sekali suasananya. Hakim berusaha menenangkan suasana. Sidang diskor. Jaksa, hakim, dan pengacara meninggalkan tempat menuju ruang khusus di lantai dua. Di sana, saksi dan terdakwa duduk gelisah.

LihatTutupKomentar