Struktur dan Cara Meresensi Buku Pengetahuan

Berikut ini adalah artikel yang akan membahas tentang meresensi, dasar meresensi, Struktur Tulisan Resensi, Menulis Resensi, resensi buku, contoh resensi buku, contoh resensi, resensi buku pengetahuan, meresensi buku, cara meresensi buku, meresensi buku pengetahuan, contoh resensi buku pengetahuan, referensi buku, contoh resensi buku pelajaran, contoh buku resensi, buku resensi, contoh resensi buku ilmu pengetahuan, buku pengetahuan, contoh resensi buku pendidikan.

Resensi dapat diartikan pertimbangan atau perbincangan. Resensi buku berarti memberikan pertimbangan atau perbincangan sebuah buku yang baru diterbitkan. Resensi buku bertujuan menunjukkan kepada pembaca mengenai buku yang diluncurkan, apakah pantas mendapatkan sambutan atau sebaliknya. Dengan demikian, resensi buku sangat membantu pembaca untuk memiliki atau tidak buku yang diterbitkan.

Meresensi Buku Pengetahuan

Resensi buku pengetahuan biasanya dimuat di surat kabar atau majalah yang terbit pada hari Minggu. Resensi berisi penilaian tentang kelebihan atau kelemahan sebuah buku, menarik atau tidaknya tampilan buku, kritikan atau dorongan kepada pembaca tentang perlu tidaknya buku itu dibaca, dimiliki atau dibeli.

Bekal Dasar Meresensi

1. Memahami Tujuan Penulis
Tujuan penulis buku dapat dilihat dari kata pengantar, atau pendahuluan yang terdapat dalam buku.

2. Memiliki Tujuan Meresensi
Penulis resensi biasanya mempunyai tujuan tertentu dalam membuat resensi. Penulis resensi tidak jarang menunjukkan kepeduliannya terhadap pembaca dengan memberikan pilihan-pilihan terhadap kehadiran sebuah buku.

Sebaliknya bisa juga seorang peresensi memperingatkan pembaca agar berhati-hati atau
mempertimbangkan masak-masak terhadap kehadiran sebuah buku.

3. Mengenal Selera dan Tingkat Pemahaman
Pembaca Hal ini merupakan pengetahuan tentang pangsa pasar yang dibidik oleh penerbit dengan menerbitkan sebuah buku.

Dengan demikian seorang penulis resensi harus dapat memperkirakan buku yang diterbitkan itu akan dikonsumsi oleh kalangan mana.

4. Menguasai Berbagai Disiplin Ilmu
Hal ini sangat penting bagi penulis resensi buku sehingga dapat memberikan pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan buku dengan tepat.

Struktur Tulisan Resensi

Sebuah resensi berisi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

a. Bagian Pendahuluan

Bagian ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi. Pada bagian ini akan diinformasikan secara objektif tentang identitas buku.

Informasi yang harus disampaikan meliputi judul, penulis, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan keberapa, dan tebal buku. Informasi pada pendahuluan ini bersifat faktual, menginformasikan apa adanya tentang identitas sebuah buku.

b. Bagian Isi

Bagian isi sebuah resensi berisi ulasan tentang judul buku, paparan singkat isi buku, gambaran secara keseluruhan isi buku, informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku.

Pada bagian ini juga perlu diulas tentang gaya penulisan buku, membandingkan antara buku yang diresensi dengan buku lain yang memiliki tema sama.

Dapat juga membandingkan dengan buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama dengan buku yang diresensi.

c. Bagian Penutup

Bagian penutup berisi penilaian terhadap kualitas isi buku secara keseluruhan, menilai kelebihan atau kekurangan isi buku, baik dari isinya, tampilannya, maupun kebakuan bahasa yang digunakan. Kritik
atau saran kepada penulis atau penerbit dapat disampaikan dalam bagian ini.

Penulis resensi juga dapat memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya pembaca membaca atau memiliki buku tersebut. Dengan berbagai ulasan dan pertimbangan yang diberikan, resensi dapat berguna bagi pembaca sekaligus bagi penulis dan penerbit.

Bagi pembaca resensi sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan
matang-matang perlu tidaknya memiliki buku yang terbit, sedangkan bagi penerbit dan penulis resensi sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan buku yang ditulis dan diterbitkan itu.

Menulis Resensi

Sebelum menulis resensi, bacalah contoh resensi berikut ini dengan cermat!
Judul                : Buku Pintar Penyuntingan Naskah
Pengarang        : Pamusuk Eneste
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit     : 2005
Tempat Terbit   : Jakarta
ISBN               : Ukuran Buku: xii + 252 halaman
Catatan            : Harga

Baca Juga :  Baca Juga : Pola Pengembangan Paragraf dan Jenisnya
LihatTutupKomentar