Pengertian Wawancara dan Cara Berwawancara dengan Narasumber


Berikut ini adalah Artikel yang menjelaskan tentang Pengertian Wawancara dan Cara Berwawancara dengan Narasumber, wawancara, pengertian wawancara, kelebihan wawancara, kelemahan wawancara, tahapan wawancara, contoh wawancara, pertanyaan interview, interview kerja, wawancara kerja, contoh pertanyaan wawancara, tips interview, pertanyaan wawancara, tips wawancara kerja, pengertian wawancara menurut para ahli, pengertian interview, contoh interview, jenis wawancara, definisi wawancara, unsur-unsur wawancara.
Wawancara merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal. Wawancara memiliki unsur-unsur yang harus terpenuhi. Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka wawancara tersebut tidak dapat dilakukan.

Pengertian Wawancara

Wawancara atau interview adalah suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau narasumber. 

Berwawancara dengan Narasumber

Adapun unsur-unsur tersebut sebagai berikut.

  1. Pewawancara atau orang yang mencari informasi yang berkedudukan sebagai penanya.
  2. Narasumber atau informan atau orang yang diwawancarai. Dalam hal ini, narasumber atau informan berkedudukan sebagai penjawab pertanyaan atau pemberi informasi. Narasumber yang diwawancarai biasanya merupakan seseorang yang memiliki keterkaitan dengan perihal informasi yang diperlukan. Dalam hal ini, narasumber dapat berupa tokoh, ahli, atau orang biasa.
  3. Tema atau perihal yang diwawancarakan. Tema sangat berperan dalam kegiatan wawancara. Dalam hal ini, tema menjadi pokok sekaligus pembatasan hal-hal yang dibicarakan.
  4. Waktu atau kesempatan dan tempat.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berwawancara dengan narasumber adalah berikut.

  1. Penguasaan materi, berkenaan dengan tema dan poin-poin permasalahan penting yang akan ditanyakan.
  2. Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan informasi yang diperlukan.
  3. Mempersiapkan diri secara mental untuk mengantisipasi halhal yang tidak diinginkan, misal: grogi atau nervous.
  4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk berwawancara, misal: alat rekam atau alat tulis.

Menerangkan Sifat-sifat Tokoh dari Kutipan Novel yang Dibacakan
LihatTutupKomentar