Pengertian dan Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus

Pengertian dan Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus - Aritikel ini akan menjelaskan Gerak Lurus, Pengertian Gerak, Pengertian Gerak Lurus, Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus.


Gerak Lurus

Jika kamu berada di dalam mobil yang sedang berjalan dan memandang sebuah pohon di pinggir jalan, kamu akan melihat seolah-olah pohon tersebut bergerak menjauhimu. Demikian pula sebuah kereta yang berangkat meninggalkan stasiun.

Pengertian Gerak

Mobil yang berjalan dan yang pesawat bergerak meninggalkan landasan jelas dapat dikatakan bergerak. Bagaimana dengan penumpang mobil dan penumpang pesawat? Dapatkah mereka dikatakan bergerak?

Mari kita pelajari pengertian gerak (khususnya gerak lurus) dan besaranbesaran dalam gerak lurus. Gerak merupakan gejala alam yang banyak diteliti karena bidang penerapannya yang luas.

Pengertian Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak karena mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Nah, tahukah kamu apakah titik acuan itu? Titik acuan adalah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda.
Adapun titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak disebut lintasan. gerak lurus adalah suatu gerak yang mempunyai lintasan lurus.

Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus

a. Jarak dan Perpindahan

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memerhatikan arah, sedangkan perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda dengan memerhatikan arahnya.

b. Kelajuan dan Kecepatan

Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memerhatikan arahnya, sedangkan kecepatan adalah kelajuan dengan memerhatikan arahnya.

LihatTutupKomentar