Pengertian dan Tujuan Paragraf Eksposisi

Pengertian dan Tujuan Paragraf Eksposisi - Sahabat pasti tidak asing lagi dengan yang namanya paragraf, Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang paragraf eksposisi, pengertian paragraf eksposisi, tujuan paragraf eksposisi.

Paragraf Eksposisi

Pengertian Paragraf Ekspositif 

Eksposisi merupakan sebuah paparan atau penjelasan. Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang yang sejelas-jelasnya.
Pengertian dan Tujuan Paragraf Eksposisi  Pengertian dan Tujuan Paragraf Eksposisi
Pengertian dan Tujuan Paragraf Eksposisi

 Disinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau nonilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan imajinasi.

Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.

Tujuan Paragraf Ekspositif

Tujuan paragraf eksposisi adalah memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. Oleh karena itu, topik-topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berkaitan dengan penyampaian informasi.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian paragraf eksposisi dan tujuan paragraf eksposisi. Semoga bermanfaat dan Terima kasih

Baca Juga : Perbedaan, Ciri-ciri, dan Contoh Karya Sastra pada Setiap Angkatan
LihatTutupKomentar