Pengertian serta Cara Memahami Isi Puisi beserta Contoh Puisi dan Isi kandungannya

Cara Memahami Isi Puisi - Berikut adalah penjelasan tentang Cara Memahami Isi Puisi yang meliputi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi, Membuat Parafrasa, Contoh Puisi, Contoh Puisi dengan Parafrasa, Contoh Puisi Parafrasa, Contoh Puisi Menyesal, Puisi Menyesal karya AliHasjmy, dan Isi Kandungan Puisi.

Sejauh apakah anda mengenal karya sastra? karya sastra merupakan karya yang membentuk tulisan dan mengandung keindahan. Karya sastra memiliki banyak manfaat.

Salah satunya sebagai sarana rekreasi, yaitu dengan membaca karya sastra anda akan merasa terhibur dengan isi karya tersebut. Selain itu, dalam karya sastra juga terkandung berbagai nilai didik yang tentunya dapat anda jadikan sebagai inspirasi untuk selalu memperbaiki kepribadian.

Pada bab ini anada akan belajar mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman, menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat, menemukan berbagai ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit), serta menulis puisi baru dengan memperhatikan bait irama, dan rima. Untuk itu, perhatikan setiap penjabaran meteri ini dengan baik!

Memahami Puisi yang Disampaikan secara Langsung atau Melalui Rekaman

Puisi merupakan karya sastra yang berbentuk padat dan singkat. Puisi bersifat konsentratif, artinya bahwa puisi dilukiskan pada pokok-pokoknya saja. Berbeda dengan menelaah isi karya sastra lainnya, menelaah isi puisi diperlukan kejelian untuk memahaminya.

Cara Memahami Isi Puisi

1. Menentukan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi, Yaitu meliputi:

  • tema,
  • amanat,
  • simbolisasi,
  • korespondensi,
  • musikalitas (rima dan bunyi),
  • diksi,
  • gaya bahasa, dan
  • latar belakang penciptaannya.

2. Membuat Parafrasa 

Membuat parafrasa atau mengubah puisi menjadi bentuk pemaparan atau prosa. proses ini dilakukan sdalam dua tahap, yaitu:

  1. memberi penanda pertalian makna antarkata, antarbaris, antarbait (membari atau menambah kata atau imbuhan yang diperlukan), dan
  2. mencari setiap makna yang diperlukan

Contoh Puisi dengan Parafrasa


 Menyesal

Karya: Ali Hasjmy

Pagiku hilang sudah melayang,
Hari mudaku sudah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta

Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma

Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju arah padang bakti.

Isi kandungan Puisi Menyesal

Puisi tersebut menggambarkan penyesa;an seseorang terhadap masa lalunya. Dia adalah seorang yang menyia-nyiakan masa mudanya sehingga pada saat dia tua, dia merasa miskin ilmupun dia merasa miskin apalagi harta.

Namun, dia sadar bahwa menyesal tidak akan mengembalikannya kepada masa muda dan berkesempatan untuk memperbaikinya.

Dengan pengalaman hidupnya itulah dia berpesan kepada generasi muda penerus bangsa agar selalu siap dan berkarya secara maksimal agar kehidupan dimasa mendatang dapat memetik manisnya buah perjuangan

LihatTutupKomentar