Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik

Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik - Hai sobat yang cerdas. Berikut ini merupakan pembahasan tentang paragraf yang meliputi pengertian paragraf, syarat paragraf yang baik, ciri-ciri paragraf. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang saling berjaitan antar kalimat satu dengan yang lainnya. Paragraf dapat disebut juga sebagai karangan singkat, hal ini kerena dalam bentuk tersebut penulis dapat menuangkan ide-ide sehingga membentuk suatu topik pembicaraan.
 Berikut ini merupakan pembahasan tentang paragraf yang meliputi pengertian paragraf Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik
Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik
Dalam satu paragraf terdapat kelimat, kalimat-kalimat itu merupakan kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas, serta kalimat penutup. Kalimat tersebut terangkai menjadi satu kesatuan yang membentuk sebuah gagasan.

Panjang pendek sebuah paragraf menjadi suatu penentu seberapa benyaknya ide pokok paragraf yang diungkapkan.

Ciri-ciri Paragraf

  • Peletakan kata dalam kalimat pertama ke dalam sebanyak 5 spasi bagi jenis karangan yang biasa. Menggunakan pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat utama atau kalimat topik.
  • Setiap paragraf menggunakan suatu kalimat topik dan selebihnya adalah sebuah kalimat pengembang yang memiliki fungsi untuk menjelaskan, mendeskripsikan, atau menerangkan pikiran utama yang ada dalam kalimat utama.
  • Menggunakan pikiran penjelas yang dituangkan dalam kalimat penjelas. Kalimat penjelas tersebut mempunyai isi tentang detail-detail dari kalimat utama. Paragraf bukanlah sekumpulan dari kalimat topik.
  • Paragraf hanya berisikan satu kalimat topik dan terdapat beberapa kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas tersebut berisi tentang detail yang spesifik dan tidak mengulang pikiran penjelas yang lainnya.

Syarat Paragraf yang Baik

Paragraf yang baik adalah yang memperhatikan unsur kehidupan, kesatuan, dan kelengkapan paragraf. Berikut penje;asannya;

Kepaduan paragraf

Dalam paragraf dikenal istilah koherensi atau kehidupan. Setiap paragraf seharusnya berisikan kumpulan kalimat yang saling berhubungan satu sama lain secara padu, tidak berdiri sendiri dan terlepas satu sama lain.

Kesatuan paragraf

Setiap paragraf hanya mengandung satu gagasan yang diwujudkan dalam kalimat utama. Jika dalam paragraf terdapat lebih dari satu gagasan utama, maka pembahasan dalam gagasan utama pada paragraf tidaklah berfokus pada apa yang ingin disampaikan. Maka kumpulan kalimat tersebut bukanlah sebuah paragraf yang baik.

Kelengkapan paragraf

Sebuah paragraf dapat dikatakan paragraf yang baik jika terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap di dalamnya. Kalimat penjelas berfungsi untuk menunjang kejelasan gagasan utama yang terdapat dalam kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi keterangan berupa klasifikasi, spesifikasi, penjelasan, contoh dll.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian paragraf, syarat paragraf yang baik, ciri-ciri paragraf. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian Tema, Latar, dan Penokohan Cerpen
LihatTutupKomentar