Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia

Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia - Sinopsis merupakan ringkasan dari suatu bacaan atau teks cerita yang mewakili dari kandungan isi bacaan atau teks cerita. Berikut ini merupakan pembahasan tentang Novel, Pengertian novel, Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia dan Terjemahan, Langkah-langkah Membuat Sinopsis Novel, cara mengidentifikasi novel.

Pengertian Sinopsis Novel

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan cerita novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang penjang dalam bentuk yang singkat. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau seper sepuluh dari panjang karangan asli.
Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia  Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia

Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia

Sinopsis merupakan ringkasan dari suatu bacaan atau teks cerita yang mewakili dari kandungan isi bacaan atau teks cerita. Membuat sinopsis novel remaja Indonesia berarti membuat ringkasan dari sebuah novel remaja, yang di dalam ringkasan tersebut terkandung isi novel.

Dalam proses membuat sinopsis novel, sangat diperlukan upaya pemahaman terhadap unsur-unsur intrinsik novel tersebut. Dalam hal ini terutama berkaitan dengan tema, amanat, alur, setting atau latar, dan penokohan.

Hal ini dikarenakan unsur-unsur tersebut akan saling terkait dalam sebuah rangkaian cerita. Maka itu sebelum membuat sebuah sinopsis novel, kita perlu membaca novel tersebut sampai benar-benar memahaminya.

Dalam menyusun sinopsis, gagasan asli pengarang harus diperhatikan. Begitu pula urutan ceritanya. Kita tidak boleh memasukkan cerita baru dalam sinopsis tersebut. Penggunaan bahasa yang efektif dalam sinopsis akan sangat membantu dalam memaknai isi dan maksud cerita.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis Novel

Sinopsis Novel, merupakan ringkasan atau ikhtisar dari sebuah novel. Untuk membuat sinopsis novel, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, yaitu:
  1. Membaca novel secara utuh dan menyeluruh.
  2. Mencari gagasan/pokok-pokok penting dari novel yang dibaca.
  3. Pahami unsur intrinsik maupun ekstrinsik dari novel tersebut.
  4. Mengembangkan gagasan pokok yang telah kita temukan secara singkat dengan bahasa menarik, serta menggambarkan novel aslinya.
  5. Mengubah semua petikan langsung menjadi tidak langsung.

Langkah yang bisa kita lakukan dengan mengidentifikasi novel meliputi:

  1. Judul buku
  2. Nama pengarang
  3. Nama penerbit
  4. Ukuran buku
  5. Cover buku, mancakup warna, gambar dan ilustrasi
  6. Tahun terbit
  7. Informasi jumlah cetakan
  8. Tebal buku
  9. Editor buku
  10. Penyunting buku
  11. Kata pengantar
  12. Daftar isi
  13. Komentar buku

Demikianlah pembahasan tentang Novel, Pengertian novel, Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia dan Terjemahan, Langkah-langkah Membuat Sinopsis Novel, cara mengidentifikasi novel. Semoga bermanfaat dan Terima kasih

Baca Juga : Cara Membuat Contoh Teks Pidato Singkat yang Baik dan Benar
LihatTutupKomentar