Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio

Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio - Pada saaat menyimak sebuah berita, tentu kamu ingin dapat memahami isi berita yang kamu simak. Dalam hal ini, kamu berharap dapat menyerap informasi yang disampaikan sehingga kamu memahami maksud dari berita tersebut. Nah berikut ini saya akan membahas bagaimana mengemukakan kembali isi berita yang didengar melalui televisi atau radio. Simak pebahasannya.

Tidaklah mudah mendapatkan untuk mendapatkan dan memehami informasi dari suatu berita yang sifatnya sekali tayang.

Cara Menimak Berita

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyimak berita dari televisi maupun radio;

  • Berkonsentrasi
  • Memahami pesan pokok tiap kalimat
  • apbila perlu membuat catatan kecil
  • Menyimpulkan dan menyalin isi seluruh berita
Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio  Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio
Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio


Tentu kamu ingin memiliki kemampuan menyimak yang baik. Untuk dapat memiliki kemampuan menyimak yang baik, tentu kamu harus rajin berlatih. Coba persiapkan dirimu untuk mendengarkan berita dari televisi atau radio yang dibacakan temanmu. usahakan kamu memahami informasi yang ada dengan baik dan benar.

Contoh Pembacaan Berita dari Televisi

Pemirsa, Wabah demem berdarah mulai berjangkit di Kota Padang, Sumatra Barat. Tercatat 24 orang warga Kota Padang terkena demam berdarah. Sementara itu Denpasar, Bali, wabah demam berdarah telah menelan korban 1 orang, dan kini 56 pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta Denpasar. 

Namun, di RSU Pusat Mohammad Jamil Padang ditemui juga beberapa pasien yang berasal dari luar Provinsi Sumatra Barat, yakni dari Pekan baru, Riau. Dari pantauan, jumlah korban yang masih dirawat di RSUD Mohammad KJamil Padang tinggal 8 orang dari 13 orang yang masuk sejak awal januari.

Sementara di Rumah Sakit Yos Sudarso, jumlah pasien yang dirawat tinggal 3 orang dari 8 pasien yang masuk. Penyakit demam berdarah juga telah menyerang warga Kota Denpasar dan sekitarnya sejak awal bulan januari. Satu pasien demam berdarah telah meninggal dunia berumur 32 tahun. Dia berasal dari Jember. Ada 56 pasien telah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Sangklah, Denpasar. Kini jumlah pasien yang masih dirawat di sejumlah bangsal RSU Sangklah tinggal 25 pasien. Umumnya, penderita masih didominasi golongan usi dewasa. Di ruang rawat intensif khusus masih dipenuhi pasien demam berdarah.

(Sumber: Berita SCTP, Januari 2005, dengan pengubahan)

Unsur-unsur Kelengkapan Berita

Seorang yang menyimak berita dikatakan dapat memahami isi berita yang disampaikan apabila ia dapat mengungkapkan pokok-pokok isi berita serta dapat mengemukakan inti sari tersebut kembali. Pokok-pokok isi atau inti sari berita dapat kalian simpulkan dengan menguraikan unsur-unsur kelengkapan berita.

Berkaitan dengan isi berita di atas, beberapa contoh atau alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kelengkapan isi berita dari penyampaian berita diatas, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Apa isi pokok berita tersebut?

* Wabah demam berdarah yang terjadi di Kota Padang dan Denpasar.

2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?

* Warga yang menjadi korban demam berdarah, di Padang tercatat 24 orang, di Denpasar, Bali, 1 orang meninggal, dan 56 orang pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.

3. Dimana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?

* Di Kota Padang. Sumatra Barat, meliputi kecamatan kuranji, kuto tengah, dan Bungas Buluspulutabu serta Denpasar, Bali, dan sekitarnya.

4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?

* Kemungkinan munculnya wabah disebabkan adanya musim penghujan yang menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembang nyamuk demam berdarah.

5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?

* Wabah menyerang kepada anak-anak maupun orang dewasa.

Berdasarkan berita yang telah kalian dengar, kalian dapat menyampaikan inti-inti pokok berita yang ada. kalian tidak perlu membaca teks berita diatas ataupun mendengarkan ulang.

Contoh Inti Pokok Berita 

Berikut contoh penyampaian inti-inti pokok berita berdasarkan berita diatas.
Terjadi wabah demam berdarah di Kota Padang yang telah menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan pantauan, sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Kuranji di RSUP Mohammad Jamil. Wabah demam berdarah juga menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya. Wabah ini telah menimbulkan korban jiwa satu orang. Rata-rata pasien adalah orang dewasa. Kejadian tersebut telah menimbulkan banyak korban, baik korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit daerah wabah.
Demikianlah pembahasan kita tentang Cara Mengemukakan Kembali Isi Berita yang di Dengar Melalui Televisi dan Radio. Semoga setelah mempelajari pelajaran ini kamu dapat menyimpulkan berita sesuai dengan apa yang tellah kita pelajari. Terima kasih.

Baca Juga : Frasa: Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Frasa
LihatTutupKomentar