Cara Mudah Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan - Berikut ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membedakan fakta dan opini dalam iklan, adapun pembahasannya meliputi pengertian iklan, pengertian fakta, pengertian opini, tujuan iklan, ciri-ciri kalimat fakta, dan ciri-ciri kalimat opini. untuk lebih jelasnya baca artikel dibawah ini.
Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk yang dibuat oleh produser yang disampaikan lewat media yang di tujukan kepada masyarakat.
Iklan dapat kita temukan di media cetak (koran majalah, buletin) maupunmedia elektronika (radio televisi). Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi antara pemasang iklan dengan pelanggan atau dengan pembaca dapat dijalin melalui media iklan.
Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian iklan, pengertian fakta, pengertian opini, tujuan iklan, ciri-ciri kalimat fakta, dan ciri-ciri kalimat opini. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih
Baca Juga : Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita
Pengertian Iklan
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar memiliki atau memenuhi permintaan di dalam iklan. Jika kalian cermati, bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini.
Cara Mudah Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan |
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan. dan sarana penggunaan secara lengkap.
Cara Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan
Selain mengandung fakta produk, iklan juga mengandung opini. Opini merupakan kalimat yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Pemasang iklan tidak boleh memberikan opini dengan melebih-lebihkan produk.Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk yang dibuat oleh produser yang disampaikan lewat media yang di tujukan kepada masyarakat.
Tujuan Iklan
Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut. Ada bermacam-macam jenis iklan, misalnya iklan baris, iklan kolom, dan iklan keluarga.Iklan dapat kita temukan di media cetak (koran majalah, buletin) maupunmedia elektronika (radio televisi). Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi antara pemasang iklan dengan pelanggan atau dengan pembaca dapat dijalin melalui media iklan.
1. Fakta
Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan. Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan, komposisi, kegunaan. dan sarana penggunaan secara lengkap.
Ciri-ciri kalimat fakta
- Memiliki data yang akurat misalnya tanggal, tempat, waktu kejadian.
- Dapat dan sudah dibuktikan kebenarannya.
- Bersifat obyektif (apa adanya dan tidak dibuat-buat) yang dilengkapi dengan data berupa keterangan atau angka yang menggambarkan keadaan.
- Biasanya dapat menjawab pertanyaan: apa, siapa, di mana, kapan, berapa dengan jawaban yang pasti.
- Sering kali menggunakan kutipan dari berbagai sumber sebagai penguat argumen.
2. Opini
Opini adalah hasil pemikiran/pendapat/pendirian seseorang yang kebenarannya masih diragukan. Pernyataannya bersifat subyektif dan biasanya ditandai dengan kata-kata pengandaian, atau kata-kata yang menyatakan kesangsian. Contoh; dan sebagainya. Kata-kata ini tidak mutlak, tergantung juga konteks kalimatnya.
Ciri-ciri kalimat Opini
- Kebenarannya belum pasti, ditandai dengan penggunaan kata-kata seperti mungkin, barangkali, bisa jadi, seandainya, jika, seumpama, kira-kira, dan sebagainya.
- Bersifat subyektif dan dilengkapi uraian tentang pendapat, saran, atau ramalan tentang sebab dan akibat terjadinya peristiwa.
- Berisi tanggapan terhadap peristiwa yang terjadi, berisi jawaban atas pertanyaan; mengapa, bagaimana, atau lalu apa.
- Menunjukkan peristiwa yang belum atau akan terjadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana).
Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian iklan, pengertian fakta, pengertian opini, tujuan iklan, ciri-ciri kalimat fakta, dan ciri-ciri kalimat opini. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih
Baca Juga : Pengertian, Jenis-jenis dan Bagian-bagian Berita