Contoh Proposal Kegiatan Ilmiah & Bahasa Proposal

Contoh Proposal Kegiatan Ilmiah & Bahasa ProposalProposal adalah suatu usulan kegiatan atau rencana yang diterangkan dalam bentuk rancangan kerja secara terperinci dan sistematis yang akan dilaksanakan atau dikerjakan. Proposal dibuat untuk mendapatkan dukungan atau persetujuan pihak lain. Tapi adakalanya proposal juga dibuat untuk memohon bantuan dana.

Proposal Kegiatan Ilmiah Sederhana

suatu usulan kegiatan atau rencana yang diterangkan dalam bentuk rancangan kerja secara te Contoh Proposal Kegiatan Ilmiah & Bahasa Proposal

Proposal kegiatan ilmiah sederhana atau proposal penelitian ilmiah sederhana adalah usulan kegiatan yang berisi rancangan kerja atau langkah-langkah untuk melakukan kegiatan ilmiah secara sederhana.

Contoh proposal kegiatan ilmiah:


Proposal Kegiatan
Dialog Interaktif Dampak Pemakaian Narkoba pada Remaja
Diselenggarakan oleh Gabungan Pengurus OSIS SMK seKotamadya
Surabaya
Tahun 2003


A. Latar Belakang Masalah

     Narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang sekarang menjadi permasalahan nasional dan ramai dibicarakan cara pemecahannya. Narkoba telah menjadi bencana nasional yang dampaknya lebih hebat dibandingkan dengan bencana tanah longsor atau banjir. Penyalahgunaan narkoba akan berdampak sangat luas terhadap kelangsungan hidup bangsa.

     Penggunaan narkoba sesungguhnya diperlukan alam dunia kedokteran. Akan tetapi, saat ini narkoba telah disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepuasaan sesaat. Dampak pemakaian narkoba banyak sekali.

Dampak bagi si pemakai di antaranya adalah denyut jantung bertambah keras, tubuh menjadi lemah, dan akhirnya jiwa si pemakai tidak tertolong.

Ciri-ciri pemakai yang mulai bergantung pada narkotik adalah suka bicara, cemas dan gelisah, tidak dapat duduk tenang, denyut nadi cepat, kulit panas dan bibir hitam, tidak dapat tidur, bernapas dengan cepat serta tangan dan jemari gemetar.

     Hasil penelitian Fakultas Kedokteran di salah satu universitas di Jakarta menyebutkan bahwa sekitar 70% pelaku penyalahgunaan narkoba adalah remaja. Remaja adalah sekelompok manusia yang tidak mau dianggap anak-anak, tetapi belum mencapai usia dewasa.

Tidak dapat dibayangkan dalam usia yang sangat muda mereka sudah terkena racun narkotika. Apabila hal ini berlangsung terus-menerus, bagaimana masa depan mereka dan bagaimana masa depan bangsa ini?

Berdasarkan pemikiran ini, kami dari Gabungan Pengurus OSIS SMK se-Kotamadya Surabaya bermaksud mengadakan acara dialog interaktif

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas dapat diindentifikasi topiktopik permasalahan yang berhubungan dengan penyalahgunaan narkoba yaitu seperti berikut.
  1. Apa penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba pada remaja?
  2. Apa jenis-jenis narkoba  yang sering dipakai oleh remaja?
  3. Apa ancaman hukum terhadap pengedar dan pemakai narkoba?
  4. Bagaimana dampak Pemakaian Narkoba pada Remaja?
  5. Apa pengaruh narkoba bagi kesinambungan regenerasi bangsa?
  6. Bagaimana memberantas atau memutus jalur pengedaran narkoba?


C. Pembatasan Permasalahan

Dari beberapa indentifikasi topik permasalahan di atas, agar pembahasan lebih terfokus dan berbobot, topik atau permasalah dibatasi hanya pada “Dampak Pemakaian Narkoba pada Remaja.”

D. Teknik Pelaksanaan

Teknik pelaksanaan dialog interaktif ini adalah sebagai berikut.
  1. Mengundang para narasumber, yaitu tokoh agama, paramedis, dan mantan pemakai untuk memberikan pandangannya masingmasing selama lima belas menit.
  2. Selanjutnya dilakukan dialog interaktif antara peserta dan narasumber yang dibagi atas beberapa termin. mengenai penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.


E. Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Dialog interaktif ini bertujuan untuk memberikan informasi pada para remaja, khususnya yang masih berstatus pelajar agar mengetahui dampakdampak dari memakai dan menyalahgunakan narkoba dilihat dari berbagai sudut pandang, agama, dan kesehatan. Adapun manfaatnya adalah agar para remaja menghindar dan menjauhkan diri dari narkoba atau narkotika serta obat-obatan terlarang.

F. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada;
  1. Hari/tanggal  :  09 Februari 2003
  2. Waktu            :  08.00 s.d. selesai.
  3. Tempat          :  Aula SMK Budi Utomo Surabaya


G. Program Kegiatan

Jadwal pelaksanaan dialog interaktif seperti terangkum dalam tabel berikut ini.


H. Anggaran Biaya kegiatan

Anggaran biaya untuk melaksanakan kegiatan ini adalah sebagai berikut.



J. Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Besar harapan kami proposal ini dapat dikabulkan.

Surabaya, 3 Januari 2003

Mengetahui,
  
                                 Ira Ismurti                 Drs. Samosir Hanafi        Andi Hakim Nasution


                                  Sekretaris            Kepala SMK Budi Utomo                Ketua

Bahasa Proposal

Proposal merupakan jenis tulisan yang formal dan ilmiah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis  proposal adalah sebagai berikut.
  • Hendaknya menggunakan bahasa yang jelas dan tepat dengan gaya bahasa yang formal dan lugas 
  • Kejelasan dan ketepatan isi diwujudkan dengan menggunakan kata atau istilah yang jelas dan tepat
  • Paragraf yang kohesif dan koheren
  • Kalimat efektif dan tidak berbelit-belit serta ambigu
  • Mengungkapkan alasan dan tujuan yang logis

Demikianlah pembahasan tentang Contoh Proposal Kegiatan Ilmiah & Bahasa Proposal. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Terima kasih

Baca Juga : Pengertian Surat & Contoh-contoh Format Surat Terlengkap
                                                                                                                                                                   
Sumber : Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Unggul Kelas XII
LihatTutupKomentar