Pengertian Pidato dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato

Pengertian Pidato dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato - Sebelum tampil berpidato, kalian dapat memilih metode mana yang hendak digunakan. Pemilihan metode tersebut perlu dipertimbangkan positif dengan negatifnya. Berikut ini merupakan pembahasan tentang Pidato yang meliputi pengertian pidato, hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berpidato.

Selain itu, kalian perlu membaca tips berpidato yang baik, yaitu posisi berdiri secara tegak, pengurangan gerak tubuh secara wajar, pelafalan kata yang benar, ekspresi wajah mendukung, dan pandangan kearah pendengar.

hal yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato Pengertian Pidato dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato

Pengertian Pidato

Berpidato adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan dihadapan orang banyak. Pidato dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja, dan dalam keadaan atau peristiwa apa saja.Oleh karena itu, orang yang akan berpidato harus dapat menyesuaikan isi pidato dengan peristiwa dan sebagai apa orang tersebut berpidato.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika tampil berpidato :

Persiapan yang memadai

Lakukan persiapan yang meliputi :
  • persiapan diri, 
  • kesehatan jasmani rohani, 
  • rumuskan tujuan berpidato, 
  • kenali topik untuk persiapan materi yang akan disampaikan, 
  • cari, pahami, dan sortir informasi yang diperlukan, 
  • informasi tentang calon pendengar, 
  • buat rancangan/kerangka teks pidato. 

Kecakapan berbicara

Lakukan pelatihan yang meliputi :
  • Olah suar meliputi vokal, nada, penekanan, dan irama
  • Olah/gerak tubuh yang mendukung penampilan, meliputi gerak mata dan tangan, atau gerak leher serta bahu yang dapat menggambarkan ekspresi pembaca

Keterampilan pendukung

Lakukan upaya memiliki keterampilan pendukung antara lain keahlian mengendalikan emosi, konsentrasi, berfikir spontan, menumbuhkan kharisme, dan memahami situasi.

Persiapan-persiapan tersebut akan menentukan berhasil tidaknya seseorang berpidato. Pembicara yang kurang persiapan  tentu akan mengalami kegagalan dalam berbicara. Pembelajaran ini masih berkaitan erat dengan pembelajaran menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian pidato dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika berpidato. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Baca Juga : Contoh Puisi Baru dan Unsur Intrinsik Puisi Baru
LihatTutupKomentar