Sinopsis Novel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan

Sinopsis Novel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan - Berikut ini merupakan pelajaran tentang sinopsis novel yang meliputi pengertian sinopsis novel, fungsi sinopsis novel, dan cara membuat sinopsis novel remaja terjemahan.

Pengertian Sinopsis Novel

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan cerita novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang penjang dalam bentuk yang singkat. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau seper sepuluh dari panjang karangan asli.

 dan Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan  Sinopsis Novel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan

Fungsi Sinopsis Novel

  • Memberikan gambaran singkat isi novel
  • Membuat gambaran jelas secara singkat tentang alur cerita novel.
  • Memberikan pengetahuan awal sebelum membaca novel asli.

Selain mengetahui unsur-unsur diatas, dalam membuat sinopsis terlebih dahulu kita juga harus mengenali novel tersebut secara fisik.

Membuat Sinopsis Novel Remaja Terjemahan

Novel terjemahan merupakan novel yang dialih bahasakan dari satu bahasa tertentu ke bahasa yang lain. Novel daerah jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia juga menjadi novel terjemahan. Novel terjemahan yang berasal dari luar negeri misalnya Harry Potter.

Kalian tentu mengalami kesulitan ketika membaca novel terjemahan dibanding membaca novel asli indonesia. Hal ini bisa dipahami mengingat latar belakang budaya yang berbeda. Bermanfaatkah membaca novel terjemahan? Tentu saja bermanfaat, karena dengan membaca novel terjemahan tersebut, wawasan dan pengetahuan tentang budaya negara itu menjadi bertambah.

Dalam membuat sinopsis ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan juga, misalnya intrinsik seperti berikut.
  • Tema: gagasan pokok, pokok cerita
  • Latar: tempat dan waktu terjadinya peristiwa
  • Alur: jalinan peristiwa/jalan cerita
  • Penokohan: pelaku cerita
Demikianlah pembahasan tentang pengertian sinopsis novel, fungsi sinopsis novel, Membuat sinopsis novel remaja terjemahan. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

LihatTutupKomentar