Mengomentari Pendapat Narasumber

Dialog interaktif merupakan percakapan atau perbincangan yang biasanya dilakukan di televisi ataupun radio yang biasanya melibatkan pemirsa atau pendengar melalui telepon. Mendengarkan dialog merupakan kegiatan menyimak yang memerlukan konsentrasi untuk memperoleh informasi dan untuk memahaminya.

Mengomentari Pendapat Narasumber

1. Menyatakan Informasi Tersirat dalam Dialog Interaktif

Pendapat narasumber dalam dialog ada kalanya berupa informasi tersirat. Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi atau informasi yang tidak dikemukakan secara langsung. Berbeda dengan informasi yang dikemukakan secara tersurat (eksplisit), informasi tersirat (implisit) dapat diperoleh oleh pendengar atau pemirsa dengan menganalisis informasi tersurat

2. Menggunakan Kalimat Inversi

Urutan fungsi dalam bahasa Indonesia lazimnya mengikuti pola SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan). Akan tetapi, ada satu pola dalam bahasa Indonesia yang predikatnya mendahului subjek.

Perhatikan contoh kalimat berikut.

  1. Cantik sekali (P) gadis itu (S)
  2. Sedang makan (P) dia (S).
  3. Kemarin (K) terjadi (P) kebakaran itu (S).
  4. Tinggal (P) di Jakarta (K) mereka (S).
  5. Mentransfer (P) uang (O) ke bank (K) Pak Hartawan (S)
Pada contoh-contoh kalimat tersebut verba terletak di depan nomina. Dengan kata lain, urutan fungsinya adalah predikat subjek (PS). Kalimat yang pola urutannya seperti itu disebut kalimat susun balik atau kalimat inversi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan komentar terhadap narasumber sebagai berikut.

  1. Komentar merupakan opini. artinya komentar yang disampaikan bersifat subjektif dan tidak memihak narasumber maupun peserta, tidak memaksa orang lain untuk memberikan komentar yang sama.
  2. Argumen yang disampaikan logis artinya komentar harus didasari alasan yang dapat dicerna akal dan disertai fakta-fakta yang akurat dan meyakinkan.
  3. Komentar bukan karena suka atau tidak suka artinya komentar yang diberikan bukan sekadar “asal tidak sependapat." Begitu pula bukan karena adanya permasalahan pribadi dengan narasumber. Komentar yang diberikan sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

Hal-hal yang dapat dan perlu dikomentari dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut :

  1. Penting atau tidaknya tema dialog
  2. Kemampuan dan penguasaan para narasumber terhadap materi yang dibicarakan
  3. Relevan atau tidaknya pertanyaan peserta dialog terhadap pertanyaan dialog
  4. Benar atau tidaknya jawaban atau tanggapan narasumber atas pertanyaan atau pendapat peserta   dialog.
Baca Juga :  Menceritakan Kembali Isi Cerpen
LihatTutupKomentar