Fabel: Pengertian dan Contoh Teks Fabel

Fabel: Pengertian dan Contoh Teks Fabel - Berikut ini merupakan pembahasan lanjutan tentang fabel yang meliputi pengertian fabel, dan contoh fabel, si kancil dan buaya, kucing dan tikus tua yang berpengalaman. Yuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Fabel

Fabel adalah salah satu dongeng yang menampilkan binatang sebagai tokoh utamanya. Tokoh tersebut dapat berfikir, berperasaan, berbicara, bersikap, dan berinteraksi seperti manusia. Fabel bersifat didaktis atau mendidik. Fabel digunakan sebagai kiasan kehidupan manusia dan mendidik masyarakat. Pujangga fabel pertama adalah Aesopus dari yunani atau dikenal dengan Aesop.

tentang fabel yang meliputi pengertian fabel Fabel: Pengertian dan Contoh Teks Fabel
Fabel: Pengertian dan Contoh Teks Fabel

Fabel terdapat diseluruh dunia, hanya tokoh utamanya yang berbeda

  • Kesastraan Belanda, tokoh utamanya yaitu serigala, serigala tersebut bersifat licik, busuk hati, penuh tipu muslihat.
  • Kesastraan Campa, Kamboja, Aman, tokoh utamanya yaitu kancil.
  • Kesastraan Indonesia, tokoh utama yaitu kancil. Kancil bersifat arif, cerdik, baik hati, dan suka menolong.
  • Kesastraan Sunda, tokoh utamanya kera.
  • Kesastraan Jawa, tokoh utamanya yaitu kancil.
  • Kesastraan Bali, tokoh utamanya yaitu induk ayam hitam.

Contoh Teks Fabel

Si Kancil dan Buaya

Si kancil sedang berjalan menuju hutan untuk kembali setelah mencari makan di ladang pak tani. Ditengah jalan ia harus menyebrangi sungai yang dihuni banyak sekali buaya yang sangat lapar.


Kawanan buaya sangat senang melihat kancil, tapi sikancil menyaratkan buaya harus dihitung terlebih dahulu. Buaya menyetujui dan si kancil  mulai menghitung jumlah buaya.



Akhirnya tipu daya si kancil berhasil, buaya tercengang karena si kancil yang cerdik berhasil memperdaya buaya. Si kancil langsung pergi setelah menghitung buaya terakhir di ujung sungai.



Si kancil pun langsung berlari ke dalam hutan dan bebas dari kawanan buaya yang lapar. 


Kucing dan Tikus Tua yang Berpengalaman

karya: Aesop


Pada suatu masa ada seekor kucing yang sangat awas dan sigap. Tikus-tikus takut memperlihatkan dirinya karena takut dimangsa oleh sang kucing. Kucing tersebut selalu siap siaga dengan cakarnya, siap menerkam. Akhirnya, tikus-tikus tersebut tidak berani berkeliaran terlalu jauh dari sarang mereka sehingga sang kucing harus menggunakan akalnya untuk menangkap mereka.



Suatu hari sang kucing naik ke atas rak. Ia menggantungkan dirinya dengan satu kakinya pada tali, dengan kepala menghadap ke bawah, seolah-olah telah mati. Saat tikus-tikus melihat posisi kucing seperti itu, mereka menyangka bahwa sang kucing telah melakukan kesalahan. Dengan hati-hati, tikus-tikus itu mengeluarkan kepalanya dari sarang dan mengendus-endus kesana kemari. Karena tidak terjadi apa-apa, mereka akhirnya melompat keluar dari sarang dan menari-nari dengan gembira untuk merayakan kebebasan mereka.



Saat itulah sang kucing tiba-tiba melepaskan pegangannya pada tali. Sebelum tikus-tikus tersebut tersadar dari rasa terkejut mereka, sang kucing telah menangkap tiga sampai empat ekor tikus. Sekarang tikus-tikus makin berhati-hati, tetapi sang kucing selalu ingin menangkap tikus. Sang kucing membuat tipuan yang lain. Ia mengguling-gulingkan tubuhnya ke tempat terigu hingga tubuhnya tertutup sepenuhnya oleh terigu. Kemudian, sang kucing berbaring diam-diam dengan satu mata terbuka. 



Yakin bahwa keadaan aman, tikus-tikus mulai keluar kembali dari sarang. Saat sang kucing diam dan siap-siap untuk menerkam tikus-tikus tersebut, seekor tikus tua yang berpengalaman dengan tipuan sang kucing, berdiri sambil menjaga jarak di dekat sarang mereka.



"Hati-hati!" teriaknya. "Mungkin terigu itu kelihatan seperti tumpukan makanan yang lezat, tetapi sepertinya itu adalah tipuan dari sang kucing. Apa pun itu, lebih baik kalian semua berhati-hati dan menjaga jarak yang aman."  


Demikianlah pembahasan lanjutan tentang fabel yang meliputi pengertian fabel, dan contoh fabel, si kancil dan buaya, kucing dan tikus tua yang berpengalaman. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Fabel
LihatTutupKomentar